Dinamika Teknik Mesin adalah jurnal ilmiah sebagai forum komunikasi  dalam kajian teori dan aplilkasi Teknik Mesin yang meliputi bidang Mekanika dan Bahan, Produksi dan Energi. Artikel yang dipertimbangkan untuk dimuat adalah berupa hasil penelitian atau simulasi ilmiah yang belum pernah diterbitkan atau tidak sedang menunggu  diterbitkan pada publikasi lain. Jurnal DTM terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Publikasi kami ini adalah open acces sehingga tidak dipungut biaya terkecuali author/ pelanggan membutuhkan versi cetaknya. Untuk sementara, jurnal kami sudah terindek di Portal Garuda dan Googlescholar.

Dinamika Teknik Mesin is a scientific journal as a forum for communication in the study of theory and application Mechanical Engineering covering the fields of Mechanics and Materials, Production and Energy. Articles are considered to be loaded is in the form of research or scientific simulations that have never been published or are awaiting published in other publications. DTM Journal publishes two times a year in June and December. Our publication is an open access journal so that it is free of charge unless the author(s) need the printed version.

Etika publikasi (ethical publication):

Jurnal Dinamika Teknik Mesin (DTM) telah menetapkan standar etika tertentu untuk memastikan publikasi berkualitas tinggi penelitian ilmiah asli memiliki kepercayaan publik. Penerbit tetap dibatasi oleh persyaratan seperti hak cipta, pelanggaran dan plagiarisme mengikuti norma-norma yang ada untuk mendukung etika publikasi. Penerbit bertanggung jawab untuk menjaga semua kerahasiaan korespondensi dan tidak akan mengungkapkan apa pun yang bertentangan dengan kepentingan penulis, wasit dan editor jurnal. Pihak termasuk penulis, pengulas dan editor di publikasi jurnal peer-review ditentukan oleh DTM harus mengikuti etika publikasi untuk memeriksa dan mencegah malpraktek publikasi.

Penulis mengirimkan hanya artikel asli hasil penelitian atau simulasi/komputasi dan tidak sedang menunggu dipublikasi di jurnal lain serta penulis harus bertanggungjawab atas bebas plagiat. Jurnal DTM tidak bertanggung jawab apabila ternyata dikemudian hari paper yang diterbitkan termasuk plagiat. Abstrak harus menjelaskan secara singkat substansi, metode yang digunakan dan hasil atau temuan yang mengandung kebaharuan. Cara penulisan citasi maupun kutipan harus benar dan mengikuti format jurnal DTM. Semua paper, buku, proseding dan sebagainya yang dicitasi harus ditulis di daftar pustaka dengan benar dan sesuai format jurnal DTM. Namun, referensi diusahakan yang terbaru dan hindari referensi yang tidak relevan.  

Versi final dari manuskrip harus diperiksa oleh semua co-penulis dan pengajuan harus dilakukan hanya ketika mereka dengan suara bulat setuju dan tidak memiliki konflik kepentingan. Penulis yang sesuai akan bertanggung jawab untuk semua persyaratan etika pengajuan. Selanjutnya, jika dikemudian hari terdapat kesalahan yang fatal pada paper yang telah diterbitkan maka dapat berakibat paper dicabut dari penerbitan.

Pengulas (reviewer) diharapkan untuk membantu editor untuk sampai pada keputusan penerbitan artikel yang diserahkan. Peran pengulas sangat penting dan sangat diharapkan oleh penulis maupun editor. Sebuah laporan review yang berisi komentar yang konstruktif terkait dengan presentasi dan peningkatan konten intelektual di manuskrip secara substansial dapat memperkaya naskah. Pengulas juga harus menjaga kerahasiaan naskah yang sedang dikaji. Informasi atau ide-ide yang diterima melalui peer review tidak boleh digunakan untuk keuntungan pribadi atau siapa pun. Editor bertanggung jawab untuk memutuskan publikasi dari manuskrip yang telah memperoleh rekomendasi dari reviewer.

Editor harus mempertimbangkan atau bergantung pada pendapat wasit dalam memastikan keaslian dan kebenaran isi intelektual dalam naskah. Editor dapat berkonsultasi dengan anggota lain dalam dewan redaksi jurnal yang bersangkutan pada keharusan untuk tiba di keputusan cepat. Editor harus menjaga kerahasiaan naskah sampai naskah tersebut dipublikasi. Editor harus menghindari mempertimbangkan naskah mana mereka memiliki konflik kepentingan dalam bentuk apapun dan redaksi DTM  redaksi harus memegang tanggung jawab menjaga catatan kerahasiaan naskah.

CC BY-SA