Announcements

Author guideline

Dinamika Teknik Mesin

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

Petunjuk Umum:
Dinamika Teknik Mesin menerima tulisan/naskah/karya ilmiah hasil dari penelitian atau simulasi dalam bidang Teknik Mesin yang terbuka untuk umum. Tulisan harus asli, bukan terjemahan atau saduran jurnal lain, belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang diproses untuk publikasi jurnal lain.

Penulisan Naskah:
Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan baik dan benar. Naskah diketik satu spasi dengan MS-Word (file DOC, atau RTF), huruf Arial 10 pada halaman kertas A4 dalam dua kolom kecuali abstrak atau gambar dan tabel yang cukup besar.

Halaman Judul:
Judul ditulis singkat dan padat, tidak menimbulkan penapsiran yang beraneka ragam, dan sesuai dengan isi artikel. Judul ditulis dengan huruf Arial 14 bold, rata kiri dengan spasi 1 dan maksimal 20 kata serta hanya huruf pertama ditulis kapital.

Sistematika Penulisan:
Judul, nama penulis tanpa gelar, afiliasi dengan alamat lengkap, abstrak maksimum 250 kata ditulis dalam bahasa Inggris (jika naskah dalam bahasa Inggris, maka abstraknya ada dua yaitu dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia) dan dicetak miring atau italic, kata kunci 3-5 kata, pendahuluan yang berisi latar belakang, tujuan dan review penelitian sebelumnya atau tinjauan pustaka; metode penelitian yang dapat berisi skema alat penelitian atau benda uji dan prosedur penelitian, alat dan bahan penelitian, jangka waktu penelitian, tempat penelitian, variabel-variabel yang diteliti, kondisi eksperimen; hasil dan pembahasan; kesimpulan; ucapan terimakasih (acknowledgement); daftar notasi; daftar pustaka; lampiran jika ada.

Nama Penulis:
1. Ditulis di bawah judul tanpa gelar dengan huruf Arial 10 bold.
2. Afiliasi ditulis dengan lengkap untuk semua penulis jika masing-masing berbeda afiliasinya.
3. Beri tanda * penulis yang mewakili korespondensi dan tulis alamat emailnya.

Teknik Penulisan:
1. Untuk kata asing ditulis dengan huruf miring jika naskah ditulis dalam bahasa Indonesia. Ini tidak berlaku untuk naskah yang ditulis untuk dalam bahasa Inggris.
2. Alinea baru dimulai pada 1 cm ( 1 tab atau First line 1 cm) dari margin kiri. Antar alinea tidak diberi spasi.
3. Semua bilangan ditulis dengan angka kecuali di awal kalimat.
4. Naskah ditulis dengan ukuran kertas A4 dalam 2 (dua) kolom dengan lebar kolom masing-masing 7,75 cm atau spasi antar kolom 0,5 cm. Margin pengetikan: atas 2,5 cm, bawah 3 cm, kiri 2,5 cm, kanan 2,5 cm. Header 1,27 cm dan footer 1,27 cm. Nomor halaman digunakan huruf Arial 10 dan ditempatkan di bagian bawah tengah. Gambar harus diberi judul dan nomor urut dari 1, 2, 3 dst yang ditempatkan di bawah gambar dengan posisi di tengah, jika caption gambar panjang, maka biarkan menggunakan format justify.
5. Tabel hanya diberi garis horizontal sederhana, tidak perlu garis vertikal atau variasi bentuk yang bermacam-macam seperti shadow, bold, miring dsb. Tabel diberi nomor urut (1, 2, 3 dst) dan nama tabel ditulis di atas tabel di tengah, jika judul tabel panjang, lebih dari satu baris, maka pakai format justify. Jika tabel besar dapat dibuat satu kolom.
6. Heading ditulis dengan huruf besar dan tanpa nomor apapun. Sub-heading tanpa nomor apapun dan maksimal 2 (dua) peringkat. Sub-heading peringkat 1 (bold) dan awal kata huruf besar. Sub-heading peringkat 2 (italic bold) awal kata huruf besar.
7. Rujukan pustaka ditunjukan dengan nama penulis dan tahun yang ditulis di akhir kalimat, seperti ini, Liu et al. (1998), atau (Carey, 1998). Daftar pustaka ditulis urut abjad (lihat template di bawah).

Penulisan Daftar Pustaka:
a. Artikel, jurnal, majalah, proceeding/kumpulan artikel
Carey V.P., 1998, Modeling of microscale transport in multiphase systems, Proceedings of the Eleventh Heat Transfer Conference, Taylor & Francis, Philadelphia, PA, 23-40.

Joys M.M., Kuswarji T.G., 2011, Flow boiling pressure drop in microchannels, Third Micro and Nano Flows Conference, Thessaloniki, Greece, 22-24 August.

Liu Q.S., Roux B., Velarde M.G, 1998, Thermocapillary convection in two-layer systems, International Journal of Heat and Mass Transfer,  vol. 41, no. 11, 1499-1511.

b. Buku:

Bejan A., 1995, Convection heat transfer, 2nd edition, Wiley, New York.

c. Laporan, skripsi, thesis, disertasi:

Vanka S.P., 1989, Efficient computation of viscous internal flows, SBIR Phase-I Report, NAS3-25573, Propulsion Research Associates, Westmont, IL.

Pardi F.K., 2015, Pengaruh jumlah pipa terhadap unjuk kerja pemanas air tenaga surya dengan absorber batu kerikil, Tugas Akhir, Teknik Mesin, Universitas Mataram.

d. Paten

Burns T., 1995, US Patent No. 358498.

Penulisan rumus/formula/model matematika dimulai dari margin kiri dan rumus diberi nomor urut (1), (2), (3) dst serta menggunakan Microsoft Equation 3. Jika persamaannya panjang dapat dipecah/split.

Lampiran (jika ada) diberi nomor A, B, C dst dan ditempatkan setelah daftar pustaka.

Panjang tulisan beserta lampiran, minimal 5 halaman dan maksimal 15 halaman. Template dapat diunduh di bagian "for author" atau di http://dinamika.unram.ac.id/index.php/Dinamika/information/authors