REDAMAN SUARA PADA KOMPOSIT SANDWICH POLYESTER BERPENGUAT SERAT SISAL DENGAN CORE STYROFOAM

S. sinarep, Agus Dwi Catur, M. Hafidzul

Abstract


Penggunaan serat alam pada kulit komposit sandwich dalam  sekat bangunan perlu diteliti kemampuannya untuk menyerap energi suara pada beberapa frekuensi suara target.

            Bahan penelitian ini adalah serat sisal anyam, resin polyester, styrofoam. Komposit dibuat dengan metode hand lay-up. Komposit  sandwich polyester tersusun dari dua skin dengan core ditengahnya. Fraksi volume serat komposit sandwich polyester sebagai skin adalah 30 %.  Core yang digunakan ada 2 macam variasi ketebalan yaitu 30 mm dan 40 mm. Spesimen dan prosedur pengujian koefisien redaman suara mengacu pada standar ASTM E1050.

Hasil rata-rata redaman suara yang besar terdapat pada spesimen komposit sandwich dengan ketebalan core 30 mm dengan hasil yang fluktuatif pada kenaikan tingkat frekuensi pegujian.  Pada frekuensi rendah 250 Hz dengan nilai redaman 0,809 yang dilapisi kain beludru, frekuensi sedang 750 Hz dengan nilai redaman 0,819 yang dilapisi karpet, dan pada frekuensi tinggi 1500 Hz dengan nilai 0,725 yang dilapisi kain beludru.


Full Text:

PDF

References


Anonim, 2002, Composite Material Handbook, Volume 3: Polymer Matrix Composite, material usage, design and analysis, Department of defence, USA.

Anonim, 2009, “Styrofoam”, http://oryzawisesa.wordpress.com/.

Doelle, L.L., 1993, Akustik Lingkungan (terjemahan Lea Prasetyo). Jakarta. Erlangga.

Egan, M.D., 1972, Concepts in Architectural Acoustic, Prentice-Hall Inc., New Jersey, hal. 91-93.

Kentut, S., 2006, Analisis pengaruh kolom udara terhadap nilai koefisien serap bunyi pada dinding partisi menggunakan metode tabung impedansi dua microfon, Skripsi, Univ. Sebelas Maret, Surkarta.

Mediastika, C. E., 2008, Kualitas Akustik Panel Dinding Berbahan Baku Jerami, Journal of Architectur and Built Environment, Vol. 36, No. 2, 127-134 ISSN 0126-219X.

Mufida Sari, W. F., 2009, Simulasi Reverberation Time Sound System Efektif Pada Bangunan Gedung Sc Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Skripsi, Univ. Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Stein, B., Grondzik, W. T., Kwok, A. G., Reynolds, J. S., 2010, Mechanical & Electrical Equipment for Buildings, Wiley & Sons, Inc., Michigan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Dinamika Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 
After being re-accredited, the Journal of Dinamika Teknik Mesin, still has sinta 3 (S3) which is valid until 2025.
View My Stats