PEMERATAAN ENERGI GELOMBANG LAUT DENGAN SISTEM BERPISTON AKSI GANDA

I Made Adi Sayoga, I Made Nuarsa

Abstract


Semakin menipisnya cadangan minyak dunia menyebabkan harga bahan bakar minyak (BBM) terus melambung. Kondisi ini menyebabkan masalah yang serius yang perlu diatasi. Potensi energi yang diperbaharui seperti : energi angin, matahari dan gelombang laut  perlu segera dilirik walaupun mungkin sudah terlambat. energi potensial dan kinetik yang terkandung pada gelombang laut dapat  dikonversikan untuk pemanfaatan tenaga listrik maupun pompa air bersih dan irigasi.

Tujuan penelitian adalah untuk memanfaatkan potensi energi gelombang untuk dikonversi menjadi tenaga listrik.  Adapun manfaat penelitian ini adalah akan diperoleh metode dan sumber energi alternative yang ramah lingkungan serta tidak membutuhkan bahan bakar minyak. Energi alternatif ini ditunggu pemanfaatannya oleh masyarakat.   

Kegiatan penelitian diawali dengan studi literatur untuk mengkaji penelitian yang terdahulu, mencari perumusan dengan teori yang ada. Hasil studi literatur dilanjutkan membuat disain atau rancangan alat dengan perhitungan–perhitungan. Perhitungan mengacu pada prinsip pemanfaatan energi gelombang laut semaksimal mungkin. Dari perhitungan tersebut sangat menentukan langkah selanjutnya seperti pembuatan bentuk, pemilihan bahan, menentukan alat ukur dan model pengukuran.

            Konversi energi dari gelombang ke piston yang paling efektif terjadi pada saat pelampung (piston) diberikan beban W setengah dari Fa Total (W=Fa/2 total) dibandingkan pada saat tak berbobot (W=0) maupun pada saat piston diisi penuh (W=Fa total).

            Dari hasil pengujian ternyata prototype pemerataan gelombang laut dengan sistem aksi ganda mampu menghasilkan energi listrik. Pada saat gelombang naik, energi gelombang menekan tuas melalui pelampung yang selanjutnya memutar roda gigi yang telah terhubung dengan generator listrik. Sedangkan pada saat gelombang turun roda gigi juga berputar akibat berat pelampung yang telah diiisi pemberat air.

 


Full Text:

PDF

References


Anonim. 1995 “Penelitian Spektrum Gelombang Laut Indonesia di Perairan Selat Makassar”. Proyek Pembangunan dan Pengoperasian Sarana Penunjang Kelautan BPP Teknologi, Surabaya,

Azhar, 1999, Pengaruh pembebanan pada pelampung kubus terhadap efektifitas tangkapan energi gelombang laut, Penelitian Swadana.

Azhar, 2000, Perencanaan mekanika pengalih penyimpanan energi gerak rambang air laut sebagai pembangkit daya penggerak kapal, Penelitian Swadana

Azhar, 2000, Sistem pompa tekanan tinggi tenaga gelombang laut kerangka dinamis, Penelitian Swadana.

Azhar, 2000, Mesin pengalih gelombang laut menjadi energi listrik, Penelitian Swadana.

Azhar, 2001, Sistem penggerak kapal laut bertenaga gelombang laut dengan prinsip fluktuasi tekanan, Penelitian Swadana,

Bambang Triatmodjo,1999.” Teknik Pantai” Beta Offset, Yogyakarta,

De Fretes, E.R., 2001 “Analisis Perilaku Sistem Penambatan Bagan Penangkap Ikan”, Thesis Program Pasca Sarjana ITS, Surabaya.

Eliza R, 2003, Disain lampu otomatis untuk perlengkapan bagan milik nelayan yang beroperasi diperairan Maluku Tenggara Barat, Laporan Pengabdian Masyarakat Vucer.

Eliza R, 2003, Disain alat pembangkit listrik tenaga gelombang untuk bagan dan rumpon yang beroperasi di maluku, Laporan Penelitian Dosen Muda

Molland, A.F. & Taunton, D.J. 1999 “Methods For Assessing the Seakeeping Performance of Competing High Speed Vessel Design”, papers , International Conference Hydrodynamics of High Speed Craft, London.

Rawson, K.J. and Tupper, E.C, 1984.,”Basic Ship Theory”, Volume 2, 3rd edition, Longman Group Ltd, London,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Dinamika Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.